KULIAH UMUM OLEH DIRJEN BIMAS ISLAM KEMENAG

  • 12 Maret 2021
  • 10:25 WITA
  • Administrator
  • Berita

Kuliah Umum melalui daring yang digelar oleh Fakultas Adab dan Humaniora pada Jumat, 12 Maret 2021 dengan tema “Peran PTKIN dalam Mewujudkan Moderasi Beragama”. Tema ini menjadi urgen di tengah kekhawatiran seiring munculnya beberapa kasus keterlibatan mahasiswa yang ikut dalam paham ekstrimisme dan kegiatan terorisme di nusantara. Kementrian Agama lewat buku Moderasi Beragama mempromosikan sikap toleran yang harus dijiwai dalam ruh setiap PTKIN, tidak terkecuali UIN Alauddin Makassar.

Dalam rangkaian tersebut, Fakultas Adab dan Humaniora mengundang Narasumber Prof. Dr. Phil. H. Kamaluddin Amin, M.A. yang menduduki jawaban sebagai Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI untuk menyampaikan makna Moderasi Beragama dalam kehidupan sosial. Prof. Kamaluddin sendiri merupakan salah satu dosen dan alumni UIN Alauddin Makassar sehingga suasana kekeluargaan terasa kental dalam kuliah umum yang beliau sampaikan.

Prof. Kamaluddin menjelaskan bahwa “Beragama tidak boleh berlebihan, tidak boleh terlalu ke kiri atau ke kanan, tapi di tengah-tengah dalam berperilaku, moderat… Kelompok moderat tidak menggunakan cara kekerasan atau radikal tetapi cara yang baik… Toleran dalam berbagai hal, menghargai orang lain. Perilaku toleran harus berlaku adil kepada siapapun dalam dalam kehidupan sosial, berbangsa dan bernegara.”

Kuliah Umum yang berlangsung selama 90 menit tersebut dilakukan secara daring via zoom dan dimoderatori oleh Dr. Zaenal Abidin, S.S., M.H.I. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya peserta yang bergabung yakni hampir mencapai 900 orang yang terdiri dari para mahasiswa dan dosen di lingkup Fakultas Adab dan Humaniora.

Semoga makna Moderasi Beragama dapat benar-benar kita jiwai dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari kita dalam konteks berbangsa dan bernegara. Amin.