Mahasiswa SPI mengikuti seminar Hasil Re-Inventarisasi Database Koleksi Museum

  • 07 Desember 2023
  • 09:22 WITA
  • Administrator
  • Berita

 Kamis, 7/12/2023. Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan UPT Museum dan Taman Budaya Melaksanakan Seminar hasil Re-Invetarisasi Database Koleksi Museum. Bertempat di Fort Rotterdam (Museum La Galigo).



Kegiatan ini dihadiri dari beberapa universitas ternama yang ada di Kota Makassar yaitu, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan Universitas Fajar.  

Seminar ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan. Pada seminar ini dihadiri langsung oleh tiga pemateri, yaitu pertama dari Dosen Arkeologi UNHAS (Khadijah Thahir Muda), kedua Dosen Sosiologi UNM (Ibrahim Arifin) dan ketiga Purnabakti dari Museum La Galigo (Bunda Ola)

Setelah pembukaan kemudian dilanjutkan dengan diskusi santai dengan tema "Koleksi Lambang Daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Sulawesi Selatan". 

Ketiga narasumber/pemateri menyampaikan bahwa betapa pentingnya bagi generasi muda saat ini untuk menaruh perhatian terhadap sejarah dan budaya dalam suatu daerah. 

Keberadaan museum secara umum sebagai wadah bagi masyarakat untuk membangkitkan ingatan akan kehidupan masa lalu dan segala bentuk peradaban yang pernah dilaluinya. Museum kemudian menjadi jembatan penghubung untuk melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat melalui pesan-pesan yang dirangkai lewat ruang pameran, sekaligus sebagai sarana komunikasi dapat memicu kesadaran dan pengetahuan bagi masyarakat.

Selain itu, terkait lambang suatu daerah kabupaten/kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan merupakan suatu hal yang harus diperhatikan, karena realitanya saat ini ternyata masih ada beberapa diantara kita yang kurang mengetahui makna atau filosofi dari suatu lambang kabupaten yang sebenarnya memiliki nilai histori dan pesan yang ingin disampaikan dari setiap simbol yang terdapat dari lambang tersebut. 

Diskusi berlangsung dengan baik, terlihat peserta sangat antusias mendengarkan materi yang dibawakan oleh ketiga narasumber dan sangat aktif untuk memberikan pertanyaan. 

Di akhir kegiatan di tutup dengan sesi penyerahan sertifikat kepada narasumber dan peserta seminar.