Makassar, 24 November 2024 – Mahasiswa 5 AK4 Prodi Sejarah Peradaban Islam (SPI) Fakultas Adab dan Humaniora sukses menggelar praktik komunikasi marketing sebagai bagian dari Mata Kuliah Komunikasi Publik dengan menjual produk makanan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan teori komunikasi yang telah dipelajari, sekaligus memanfaatkan keterampilan dalam pemasaran untuk mempromosikan produk.
Pada kegiatan ini, mahasiswa 5ak4 berfokus pada produk makanan halal yang memiliki peluang pasar luas, baik di kalangan konsumen Muslim maupun non-Muslim yang peduli dengan kualitas dan keamanan produk. Dengan mengedepankan nilai-nilai kehalalan dan keberagaman produk, mahasiswa belajar membangun pesan yang tepat dan menarik, serta mengelola hubungan masyarakat yang efektif. Mahasiswa juga dibekali dengan pemahaman mendalam mengenai etika pemasaran, serta pentingnya menjaga kepercayaan konsumen dalam setiap langkah komunikasi yang dilakukan.
Menurut Mastanning, M. Hum sebagai dosen pengampu mata kuliah Komunikasi Publik, proyek ini merupakan salah satu ide untuk memberikan pengalaman praktis yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa di dunia kerja. Mahasiswa diharapkan dapat menguasai keterampilan ini untuk mempersiapkan mereka menjadi komunikasi profesional yang siap menghadapi tantangan global,” tambahnya.
Sebagai hasil dari proyek ini, mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan praktis dalam komunikasi pemasaran, tetapi juga meningkatkan kemampuan mereka dalam berbicara di depan umum, merancang strategi pemasaran yang efektif, dan berinteraksi dengan berbagai pihak melalui pendekatan yang profesional dan kreatif. Melalui pengalaman ini, mahasiswa SPI diharapkan dapat membawa dampak positif