Ujian Promosi Doktor Dra. Surayah Rasyid, M.Pd. dengan judul Disertasi “Migrasi Masyarakat Mandar Masa Pendudukan DI/TII (1950-1965)”

  • 05 September 2022
  • 10:05 WITA
  • Administrator
  • Berita

Pascasarjana UIN Alauddin Makassar program studi Dirasah Islamiyah, konsentrasi Sejarah Peradaban Islam kembali melaksanakan ujian promosi doktor dalam bidang Sejarah Peradaban Islam yang dilaksanakan di Aula Madani PPG, Kompleks Pesantren Madani Kampus 3 UIN Alauddin Makassar Jalan Bontotangnga Pao-Pao Kabupaten Gowa, Senin (05/09/22).

 

Promovenda Dra. Surayah Rasyid., M.Pd. dosen tetap pada Fakultas Adab dan Humaniora, prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam berhasil mempertahankan judul disertasi dalam ujian promosi doktor dengan judul disertasi “Migrasi Masyarakat Mandar Masa Pendudukan DI/TII (1950-1965)”.

 

Sidang Ujian Promosi Doktor pada kesempatan kali ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Rekot UIN Alauddin Makassar, Bapak Prof. H. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D. dan dihadiri oleh Direktur Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Bapak Prof. Dr. H. M. Galib, M., M.A.

 

Adapun yang bertindak sebagai promotor Bapak Prof. Dr. Achmad M. Sewang, M. A., kopromotor pertama Bapak Prof. Dr. H. Abd. Rahim Yunus, M. A., promotor kedua Bapak Dr. Wahyuddin G, M. Ag., penguji internal yaitu penguji pertama Bapak Prof. Dr. H. M. Dahlan M, M. Ag., penguji kedua Bapak Prof. Dr. H. Hasaruddin, M. Ag., penguji ketiga Ibu Dr. Hj. Syamzan Syukur, M. Ag. dan penguji eksternal Ibu Prof. Dr. Hj. Andi Ima Kesuma, M.Pd. yakni seorang dosen dari Universitas Negeri Makassar (UNM) dalam bidang Pendidikan Sejarah dan Pariwisata.

 

Judul penelitian disertasi Promovenda Dra. Surayah Rasyid., M.Pd. “Migrasi Masyarakat Mandar Masa Pendudukan DI/TII (1950-1965)” penelitian ini menguraikan mengenai masyarakat Mandar pada tahun 1950-1965 tepatnya pada masa pendudukan DI/TII yang melakukan migrasi diberbagai wilayah yang ada di Sulawesi dan bahkan sampai pada wilayah diluar Sulawesi.

 

Promovenda Dra. Surayah Rasyid., M.Pd. berhasil mempertahankan judul disertasi dengan judul “Migrasi Masyarakat Mandar Masa Pendudukan DI/TII (1950-1965)” dan dinyatakan lulus dengan predikat Cum Laude. Dengan terselenggaranya sidang promosi doktor Promovenda Dra. Surayah Rasyid., M.Pd. maka dengan ini secara sah menyandang gelar Doktor (Dr), yakni Dr. Surayah Rasyid, M.Pd. dalam bidang Sejarah Peradaban Islam.