Civitas Akademika Prodi Sejarah Peradaban Islam turut hadir dalam Acara Halal Bi Halal UIN Alauddin Makassar

  • 19 April 2024
  • 09:15 WITA
  • Administrator
  • Berita

Ketua Badan Pengurus Pusat (BPPIKA UIN Alauddin MakassarIdrus Marham merespons akreditasi unggul UIN Alauddin Makassar yang baru dicapai.

Idrus Marham mengatakan, ternyata salah satu indikator dari pencapaian akreditasi unggul UIN Alauddin Makassar adalah kiprah alumni.

"Salah satu indikatornya adalah kiprah alumni yang ada, kalau begitu kita sebagai alumni tertantang," kata Ketua BPP IKA UIN Alauddin Makassar Idrus Marham saat acara halal bihalal UIN Alauddin Makassar kerjasama BPP IKA UIN Alauddin Makassar, Jumat (19/4/2024).

Karena itu, kata Idrus Marham mengatakan, alumni IAIN/UIN Alauddin Makassar harus mampu memberikan pengaruh di manapun mereka berada.Ia menekankan, jika alumni IAIN/UIN Alauddin Makassar tidak mampu memberi pengaruh dalam kehadirannya di masyarakat. Maka setidaknya menjadi sosok yang bersesuaian dengan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Idrus Marham menjelaskan, untuk bisa memberi pengaruh di tengah masyarakat. Maka harus memiliki modal dasar.Setidaknya, kata dia, ada tiga penampilan yang harus dijaga oleh seluruh alumni IAIN/UIN Alauddin Makassar.

Modal pertama adalah penampilan fisik atau performa.Ia mengatakan, alumni IAIN/UIN Alauddin Makassar harus menjadi contoh di tengah masyarakat. a menyebutkan, kunci untuk mampu mempertahankan performa, maka para alumni harus solid. "Penampilan fisik kita harus solid, kuat kokoh menyatukan seluruh potensi menjadi sebuah kekuatan," kata Idrus Marham.

Modal kedua adalah menjaga penampilan visi. Ia mengatakan, para alumni IAIN/UIN Alauddin Makassar harus jelas. Sehingga mampu memberi pengaruh di tengah masyarakat.

Apalagi, kata dia, alumni IAIN/UIN Alauddin Makassar sudah dibekali ilmu dasar dengan teori yang ada dalam Alquran.

Modal terakhir adalah penampilan nilai (value).

Tema halal bihalal UIN Alauddin Makassar kerjasama BPP IKA UIN Alauddin, yakni Fitrah Soliditas dan Solidaritas.
 Hikmah halal bihalal disampaikan oleh Anregurutta Prof Dr H Abd Rahim Arsyad